7 Kebiasaan Tidak Sehat Orang Indonesia, Dapat Menyebabkan Diabetes Hingga Gangguan Saraf

- Selasa, 27 September 2022 | 00:19 WIB
Ilustrasi 7 Kebiasaan Tidak Sehat Orang Indonesia, Dapat Menyebabkan Diabetes Hingga Gangguan Saraf (pixabay/nastya_gepp)
Ilustrasi 7 Kebiasaan Tidak Sehat Orang Indonesia, Dapat Menyebabkan Diabetes Hingga Gangguan Saraf (pixabay/nastya_gepp)

Fokus Rembang - Berikut ini adalah penjelasan dr. Sungadi Santoso atau yang akrab disapa dr. Sung, tentang 7 kebiasaan tidak sehat yang sering dilakukan oleh orang Indonesia
 
7 kebiasaan tidak sehat ini tidak hanya dapat memperlambat pertumbuhan hormon.
 
Tetapi juga dapat menyebabkaan berbagai penyakit, seperti obesitas, diabetes, gangguan saraf, gangguan pencernaan, dan lain-lain. 
 
Lalu, apa saja 7 kebiasaan tidak sehat yang sering dilakukan oleh orang Indonesia? Simak uraian artikel berikut ini.
 
Dilansir Fokus Rembang dari tayangan video dr. Sung dikanal YouTube HB30 Health yang diunggah pada 24 November 2018.
 
 
1. Sering begadang
 
Kebiasaan ini sering dilakukan orang Indonesia. Dari mulai usia SMA, kemudian bahkan ada yang dari usia SD karena main gadget/game. Tahukah anda? Ketika anda kurang istirahat di malam hari, terutama bagi anak SMP dan SMA, pertumbuhan tinggi badan anda akan terhambat. Mungkin bagi anda yang punya genetik tinggi, anda bisa tetap tinggi. Tetapi bagi anda yang tidak ada genetik tinggi, atau orang tua anda tidak tinggi, maka berusahalah untuk tidur lebih cepat supaya hormon pertumbuhan anda dapat bekerja dengan baik. Jadi bukan hanya masalah tidur. Tetapi makanan anda juga harus baik. Untuk anda yang bekerja dengan banyak menggunakan pikiran, maka tidur anda harus cukup. Waktu tidur yang baik adalah 6 sampai 8 jam. 
 
2. Kurang jalan kaki
 
Orang Indonesia kebanyakan kurang aktivitas jalan kaki. Jika anda pergi ke negara-negara tetangga, contohnya seperti Singapore, kemudian Malaysia, dan Taiwan, mereka disana banyak yang berjalan kaki. Jadi, tingkat obesitas disana sangat rendah jika dibandingkan Indonesia. Jadi di Indonesia untuk berjalan kaki, mereka mungkin malas. Pergi ke minimarket yang dekat, mereka menggunakan sepeda motor. Intinya, mereka malas jalan kaki. Akhirnya, mereka semua minim aktivitas fisik dalam satu hari. 
 
3. Suka mengkonsumsi makanan manis dan tinggi kalori
 
Bagi kalian yang suka bikin minuman, selalu pakai gula. Teh manis, kopi manis, cokelat manis, atau susu kental manis. Ini semua sebenarnya tidak ada gunanya bagi tubuh anda. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi gula karena dapat memicu diabetes. Sekarang di Indonesia banyak sekali penderita diabetes yang masih berusia remaja karena pola makan yang tidak sehat
 
 
4. Merokok
 
Kalau yang ini, kebanyakan pria dibandingkan wanita. Tetapi untuk kota besar seperti Jakarta, tidak jarang kita jumpai wanita yang juga merokok. Bahkan dari usia remaja mereka sudah merokok. Merokok juga tidak baik bagi kesehatan. Lalu, bagaimana dengan orang yang susah berhenti merokok?”. Kurangilah secara perlahan-lahan. Jangan langsung berhenti, karena nantinya emosi dan mood anda menjadi tidak baik. 
 
5. Kurang konsumsi air
 
“Berapa dosis air yang saya butuhkan dalam 1 hari?”. Rumusnya adalah berat badan anda dikali 40 cc. Kalau cuaca lagi panas atau anda berolahraga, mungkin kebutuhan anda akan lebih dari 40 cc. Anda boleh kalikan 50 cc dengan berat badan anda. “Lalu, untuk yang sudah usia lanjut bagaimana?”. Dikalikan 30 cc. Jadi apabila anda kelebihan sekitar 500 cc, itu tidak masalah. Tetapi jangan sampai kekurangan, sampai dehidrasi. Mata anda sampai cekung. Itu tidak baik juga buat kesehatan. Dan aliran darah anda juga tidak akan lancar jika airnya tidak cukup. 
 
 
6. Makan pedas dan kebiasaan telat makan. 
Jadi sudah telat makan, makanan anda pedas pula. Di Indonesia, banyak menyediakan makanan seperti ini. Misalnya penyetan atau gorengan, kemudian anda makan dengan sambal yang rasanya pedas. Jadi sebenarnya bukan dilarang untuk makan makanan pedas atau gorengan. Tetapi harus dibatasi. Bukan makan dalam jumlah banyak. 
 
7. Cemas berlebihan
 
Kebanyakan masyarakat kita khawatir yang berlebihan atau cemas yang berlebihan. Akhirnya, ujung-ujungnya nanti kena penyakit GERD, malamnya susah tidur (insomnia), dan gangguan-gangguan lainnya. Cemas berlebihan ini sebenarnya tidak ada gunanya juga buat anda. Bukan berarti stress itu tidak berguna. Namun apabila stress atau cemas dalam jangka panjang, maka hal ini dapat mengganggu sistem di dalam tubuh anda. Jadi sistem syaraf, sistem hormon, sistem daya tahan tubuh anda, sistem pencernaan anda, itu semuanya akan drop. Akan kacau. Akhirnya, anda sendiri yang sakit. 
 
Nah, itulah  7 kebiasaan tidak sehat yang sering dilakukan oleh orang Indonesia.***

Editor: AR Mustaghfirin

Sumber: YouTube HB30 Health

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Hal Bikin Wajah terlihat Lebih Tua, Jangan Disepelekan

Minggu, 27 November 2022 | 09:17 WIB

7 Rahasia Langsing Ala Wanita Korea, Praktikan Yuk

Jumat, 25 November 2022 | 09:46 WIB

10 Manfaat Buah Pepaya, Bisa Mengurangi Resiko Kanker

Rabu, 23 November 2022 | 22:34 WIB

12 Tipe Penonton Bola menurut Zodiak, Kamu yang Mana

Minggu, 20 November 2022 | 11:32 WIB
X